KISI-SISI
SOAL UJIAN NASIONAL
JURUSAN
IPS
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Memahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks
nonsastra, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh,
serta berbagai bentuk dan jenis paragraph nonteks; memahami teks sastra
berbentuk puisi lama, puisi baru, hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen,novel,
dan drama.
|
·
Menentukan
unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
·
Menentukan
isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis,
arti kata/istilah, isi biografi.
·
Menentukan
opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial.
·
Menentukan
isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel.
·
Menentukan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat.
·
Menentukan
unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
·
Menentukan
unsur-unsur intrinsik puisi.
|
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan
informasi dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi,
dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks,
kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat,
dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen,
novel, drama, kritik, esai, dan resensi..
|
·
Menulis
paragraf padu.
·
Melengkapi
berbagai bentuk dan jenis paragraph dengan kalimat yang padu.
·
Melengkapi
teks pidato.
·
Melengkapi
paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan,
peribahasa.
·
Menyunting
penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf.
·
Menulis
surat resmi.
·
Menyunting
kalimat dalam surat resmi.
·
Menulis
judul sesuai EYD.
·
Menulis
karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah).
·
Melengkapi
larik puisi lama/baru (dengan kata kias/berlambang/berima/bermajas).
·
Melengkapi
dialog drama.
·
Menentukan
kalimat resensi.
·
Menentukan
kalimat kritik
·
Menentukan
kalimat esai
|
BAHASA INGGRIS
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal dan
ransaksional, secara formal, maupun informal, dalam bentuk teks
fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news
item, report,
analytical exposition, hortatory
exposition, explanation,
discussion, dan review
dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
|
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci dari sebuah percakapan
interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
·
Menentukan
respon yang tepat terhadap percakapan transaksional/interpersonal secara
formal atau informal.
·
Menentukan
gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang ada di dalam percakapan
interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
·
Menentukan
gambar yang sesuai dengan teks monolog yang diperdengarkan
|
2.
|
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun
informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news
item, report,
analytical exposition, hortatory
exposition, explanation,
discussion, dan review
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat atau informasi rinci
dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci/ informasi tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk message.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi rinci/informasi tersirat/informasi tertentu atau
makna kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraf/rujukan kata/tujuan
komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
·
Menentukan
informasi tertentu/gambaran umum/informasi inci/informasi tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure.
·
Menentukan
informasi tertentu/informasi rinci/ pikiran utama paragraf/pesan
moral/gambaran umum/ informasi tersirat/rujukan
kata atau makna kata/frasa/kalimat dari teks tertulis berbentuk narrative.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/rujukan kata/informasi rinci/informasi
tersirat ataumakna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama
paragraf dari teks tertulis berbentuk news item.
·
Menentukan
informasi tertentu/pikiran utama paragraf atau akna kata/frasa/kalimat atau
informasi rinci/gambaran umum/tujuan komunikatif/informasi tersirat/ rujukan
kata dari teks tertulis berbentuk recount.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan
kata/informasi tersirat/ informasi rinci dari teks fungsional pendek
berbentuk announcement.
·
Menentukan
gambaran umum/tujuan komunikatif/ informasi tertentu/pikiran utama
paragraf/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan
kata/informasi rinci dari teks tertulis berbentuk report.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci/ rujukan kata/informasi
tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/ pikiran utama
paragraf dari teks tertulis berbentuk descriptive.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat/ informasi rinci/ tujuan
komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama
paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat/ informasi rinci/pikiran
utama paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan
komunikatif dari teks tertulis berbentuk exposition.
·
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/ informasi tersirat/informasi
tertentu/tujuan komunikatif/informasi rinci atau makna kata/frasa/kalimat
atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk discussion.
·
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat/informasi rinci/tujuan
komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama
paragraf dari teks tertulis berbentuk review.
|
3.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news
item, report,
analytical exposition, hortatory
exposition, discussion dan
review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
·
Menyusun
beberapa kalimat secara acak menjadi sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/
descriptive.
·
Melengkapi
3 rumpang pada teks pendek berbentuk narrative/
procedure/recount/descriptive/report dengan
kosa kata/frasa yang sesuai
|
MATEMATIKA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta mampu
menggunakan prinsip matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
penarikan kesimpulan.
|
·
Menentukan
ingkaran atau kesetaraan dari suatu pernyataan majemuk atau pernyataan
berkuantor
·
Menentukan
kesimpulan dari beberapa premis
|
2.
|
Memahami konsep yang berkaitan
dengan aturan pangkat, akar dan
logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan
grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi,
sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta
mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
·
Menentukan
hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi kuadrat. Menentukan komposisi dua
fungsi dan invers suatu fungsi. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat. Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
·
Menentukan
penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel. Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
·
Menentukan
nilai optimum bentuk objektif dari daerah himpunan penyelesaian system
pertidaksamaan linear. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan program linear.
·
Menyelesaikan
masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, dan atau invers
matriks. Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku
pertama deret aritmetika atau geometri.
·
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitandengan barisan dan deret aritmetika.
|
3.
|
Memahami limit fungsi aljabar, turunan fungsi, nilai
ekstrim, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
·
Menghitung
nilai limit fungsi aljabar.
·
Menentukan
turunan fungsi aljabar dan aplikasinya.
·
Menentukan
integral fungsi aljabar
|
4
|
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah
pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu
menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
·
Menentukan
luas daerah dengan menggunakan integral.
·
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian
·
Menentukan
unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang
·
Menghitung
nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk tabel atau diagram.
·
Menentukan
nilai ukuran penyebaran.
|
EKONOMI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Memahami permasalahan
konomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan system
ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan
produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
|
·
Mendeskripsikan
kebutuhan manusia, kelangkaan, atau masalah pokok ekonomi.
·
Mendeskripsikan
biaya peluang (hilangnya kesempatan pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
·
Mendeskripsikan
pola perilaku konsumen dalam mencapai kepuasan maksimal dan pola perilaku
produsen dalam mencapai laba/output maksimal, atau peran konsumen dan
produsen
·
Mendeskripsikan
pelaku ekonomi atau interaksinya dalam suatu perekonomian (circular flow diagram)
·
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran atau harga dan jumlah keseimbangan dengan tabel,
grafik, atau perhitungan matematika.
·
Mendeskripsikan
pasar barang (pasar output) ataupasar faktor produksi (pasar input).
|
2
|
Memahami kebijakan pemerintah
dalam bidang ekonomi, Produk
Domestik Bruto (PDB), Produk
Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional (PN), inflasi,
konsumsi, investasi, uang dan
perbankan.
|
·
Mendeskripsikan
ekonomi mikro dan ekonomi makro atau masalah yang dihadapi pemerintah di
bidang ekonomi.
·
Mendeskripsikan
konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, pendapatan nasional, atau
pendapatan perkapita
·
Mendeskripsikan
indeks harga atau inflasi berdasarkan data atau grafik
·
Mendeskripsikan
fungsi konsumsi dan fungsi tabungan atau investasi berdasarkan data, atau
grafik
·
Mendeskripsikan
konsep dan teori uang, perbankan,atau kebijakan pemerintah di bidang moneter.
|
3
|
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap
pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal
pasar modal
|
·
Mendeskripsikan
ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, pengangguran
atau dampaknya berdasarkan data atau grafik
·
Mendeskripsikan
APBN dan APBD, kebijakan pemerintah di bidang fiskal, sumber-sumber
penerimaan atau pengeluaran pemerintah.
·
Mendeskripsikan
bursa efek atau mekanisme kerja bursa efek
·
Mendeskripsikan
perdagangan internasional valuta asing, neraca pembayaran atau devisa
|
4
|
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa. Membuat
laporan keuangan perusahaan jasa
|
·
Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi, persamaan akuntansi atau mencatat
mekanisme debit dan kredit.
·
Mencatat
transaksi ke dalam jurnal umum atau buku besar berdasarkan transaksi/dokumen.
·
Membuat
jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan jasa.
|
5
|
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan
penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
|
·
Mencatat
jurnal khusus, buku besar utama, atau buku besar pembantu perusahaan dagang.
·
Menghitung
harga pokok penjualan berdasarkan data
·
Membuat
jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan dagang.
·
Mendeskripsikan
laporan keuangan serta perhitungannya
·
Mencatat
jurnal penutup, posting ke jurnal penutup ke buku besar atau neraca saldo
setelah penutupan
|
6
|
Memahami manajemen, badan usaha dalam perekonomian
nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan
|
·
Mendeskripsikan
manajemen dan badan usaha.
·
Mendeskripsikan
cara pengembangan koperasi, koperasi sekolah atau menghitung pembagian sisa
hasil usaha berdasarkan data.
·
Mendeskripsikan
kewirausahaan
|
.
SOSIOLOGI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu sosial.
|
·
Mendeskripsikan
obyek kajian, kegunaan, metode atau ciri-ciri ilmu sosiologi
·
Menjelaskan
permasalahan sosial atau pemecahan masalah sosial.
|
2
|
Mendeskripsikan nilai, norma, dan sosialisasi.
|
·
Mengidentifikasi
jenis/fungsi nilai atau norma sosial.
·
Menjelaskan
keteraturan sosial dalam masyarakat.
·
Menjelaskan
fungsi atau tujuan sosialisasi
·
Mengidentifikasi
berbagai bentuk media sosialisasi
|
3
|
Mendeskripsikan interaksi sosial dan bentuk-bentuknya
|
·
Menjelaskan
terjadinya interaksi atau faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
·
Mengidentifikasi
berbagai jenis interaksi sosial.
|
4
|
Mendeskripsikan penyimpangan dan pengendalian sosial
|
·
Menjelaskan
sebab terjadinya perilaku menyimpang.
·
Mengidentifikasi
berbagai jenis perilaku menyimpang
·
Mengindentifikasi
pengendalian sosial melalui berbagai jenis lembaga pengendalian social
|
5
|
Menganalisis struktur sosial, konflik sosial dan mobilitas
sosial
|
·
Menjelaskan
struktur sosial dalam masyarakat.
·
Mengidentifikasi
struktur sosial dalam tahap perkembangan masyarakat.
·
Menjelaskan
sebab atau akibat konflik sosial.
·
Menjelaskan
proses sosial dalam penyelesaian konflik.
·
Mengidentifikasi
berbagai bentuk, faktor pendorong, atau faktor penghambat mobilitas sosial.
·
Menjelaskan
saluran, cara, atau akibat dari mobilitas sosial.
|
6
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
·
Menjelaskan
pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat.
·
Mengidentifikasi
ciri atau tipe masyarakat multikultural.
·
Menjelaskan
hubungan struktur sosial masyarakat multikultural dengan proses integrasi
sosial.
·
Menjelaskan
latar belakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya
terhadap kehidupan masyarakat.
·
Mengidentifikasi
perilaku yang sesuai denganmasyarakat multicultural
|
7
|
Mendeskripsikan perubahan sosial
dan dampaknya
|
·
Menganalisis
faktor pendorong atau penghambat perubahan sosial.
·
Mengidentifikasi
jenis atau bentuk perubahan sosial.
·
Menjelaskan
dampak positif atau dampak negative perubahan sosial.
·
Mengidentifikasi
sebab perubahan sosial atau bentuk perubahan sosial.
|
8
|
Menjelaskan lembaga sosial
|
·
Menjelaskan
hakikat, ciri-ciri, atau fungsi lembaga sosial dalam masyarakat
|
9
|
Mendeskripsikan penelitian sosial
|
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis penelitian.
·
Mendeskripsikan
rancangan penelitian atau melakukan penelitian sosial.
·
Mendeskripsikan
hasil penelitian sosial.
|
GEOGRAFI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip,
konsep, aspek dan pendekatan geografi
|
·
Menentukan
penggunaan prinsip, konsep dasar, aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji
fenomena geosfer
|
2
|
Menganalisis sejarah pembentukan Bumi, Tatasurya, dan
Jagadraya
|
·
Mendeskripsikan
proses pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.
·
Mengidentifikasi
planet Tatasurya dan Jagadraya.
|
3
|
Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya
dengan kehidupan manusia
|
·
Menganalisis
fenomena yang terjadi di lithosfer dan pedosfer serta kaitannya dengan
kehidupan manusia.
·
Menganalisis
fenomena yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta kaitannya dengan
kehidupan manusia.
·
Mendeskripsikan
keanekaragaman flora dan fauna sebagai potensi pendukung kehidupan
·
Mendeskripsikan
fenomena kependudukan
|
4
|
Mendeskripsikan sumber daya alam serta kaitannya dengan
kehidupan manusia
|
·
Mengidentifikasi
sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi.
·
Mengidentifikasi
pemanfaatan sumber daya alam secara arif.
|
5
|
Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan
hidup
|
·
Menganalisis
pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
·
Mengkaji
kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan.
|
6
|
Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami
fenomena geosfer
|
·
Menerapkan
keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta
·
Menganalisis
penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk
|
7
|
Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi
Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer
|
·
Menginterpretasi
citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi
geosfer
·
Mendeksripsikan
Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer
|
8
|
Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia
|
·
Membedakan
pola keruangan dan interaksi desadesa, desa-kota, dan kota-kota.
·
Mendeskripsikan
konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.
·
Mendeskripsikan
karakteristik negara berkembang dan negara maju.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar